Jumat, 25 November 2011

BUNAKEN, PESONA LAUT INDONESIA


Pulau Bunaken



Indonesia merupakan Negara kepulauan dengan beribu-ribu pulau sehingga banyak sekali kawasan pantai dan laut yang dimiliki Indonesia. Banyak sekali kawasan perairan Indonesia yang menyimpan keindahan alam bawah laut yang luar biasa memanjakan mata karena keanekaragaman biota laut yang terdapat di dalamnya. Salah satunya Taman Laut Bunaken yang terletak di Pulau Bunaken. Salah satu area menyelam terindah di Indonesia yang begitu menarik penyelam dari seluruh dunia.


Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km2 yang terletak di kawasan Teluk Manado, sebelah utara Pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari Kota Manado, Ibukota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30-60 menit dari pelabuhan kota Manado. Boat umum beroperasi setiap hari kecuali Hari Minggu pukul 2 siang. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam Scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan Taman Laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, serta Pulau Naen
Di Bunaken, Anda dapat melakukan aktifitas diving, snorkling ataupun swimming. Di tiap kapal atau perahu besar wisata disana dilengkapi dengan dasar lantai yang dibuat dari kaca fiber glass,sehingga kita di kapal atau perahu tersebut bisa melihat Taman Laut Bunaken yang dipenuhi hutan karang laut dan dikelilingi oleh ikan ikan hias laut yang sangat menawan.





Taman Laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman yang bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 diantaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. 12 titik selam inilah yang paling sering sikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.
Sebagian besar daari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls yang disebut juga hanging walls atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertical dan melengkung ke atas. Dinding karang ini menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Cr : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...